Berita  |  Diposting oleh: Admin | Kamis, 12 Oktober 2023       |   785

Pada tanggal 6 Oktober 2023, STIE YKPN Business School Yogyakarta mengadakan Professional in Class (PIC) ke-24. Acara PIC ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh STIE YKPN Business School dalam rangka memperkaya ilmu mahasiswa dengan menghadirkan praktisi dari berbagai bidang, termasuk bidang penelitian. Pada PIC kali ini, STIE YKPN Business School menghadirkan Bapak Sulad Sri  Hardanto, ir, MBA, CFA, FRM, CWM, CRP, PFM, GRCP yang merupakan owner dari Money for Wealth, sebuah lembaga  Consulting & Training. Bapak Sulad merupakan seorang trainer di bidang investment management, risk management dan wealth management dengan berbagai pengalaman kerja dan latar belakang yang sangat mumpuni. Terkait dengan spesialisasi yang dimiliki, Bapak Sulad memberikan sharing pada kuliah Professional in Class ini dengan topik Enterprise Risk Management (ERM).

Setiap organisasi memiliki goals/tujuan/objective yang ingin dicapai. Namun pada proses mencapai goals/tujuan/objective tersebut pasti akan selalu menghadapi berbagai risiko bisnis dalam berbagai aspek yang harus dihadapi. Dalam menghadapi berbagai risiko yang timbul, organisasi harus memiliki aktifitas yang terarah dan terkoordinasi yang relevan dengan risiko yang dihadapi.

ERM atau manajemen risiko perusahaan adalah strategi keseluruhan perusahaan untuk mengidentifikasi dan menangani risiko yang muncul, individual maupun kelompok, yang disesuaikan dengan jenis sasaran yang terpengaruh. Salah satu contoh risiko yang harus dihadapi oleh perusahaan pada masa kini adalahisu tentang disrupsi teknologi, ekonomi digital serta politik global.

  • Disrupsi teknologi: Teknologi saat ini seperti pedang bermata dua, menjadi peluang sekaligus ancaman bagi bisnis. Memasuki era society 5.0 ada beberapa isu yang muncul, seperti pengentasan kemiskinan, makin menurunnya peluang bekerja, akses pengetahuan yang terbuka lebar untuk diakses, luasnya peluang entreperneurship dan jenis pekerjaan, dan perkembangan dunia medis yang semakin pesat.
  • Ekonomi digital: Indonesia merupakan potensi ekonomi pasar terbesar di Asia Tenggara, yang sebagian besar berada dalam bidang e-commerce. Hal ini memunculkan berbagai peluang tetapi juga ancaman, misalnya dalam hal keamanan data dan privasi.
  • Politik global: Ada beberapa isu politik global yang berpengaruh pada ekonomi global seperti ketegangan dagang, krisis keamanan, krisis energi, dan konflik wilayah. Selain itu ada berbagai isu ekonomi yang berpotensi akan memberikan pengaruh pada kondisi negara seperti kondisi geopolitik, inflasi dunia, krisisi multisektor, kenaikan suku bunga global dan stagflasi.

Untuk menyikapi berbagai risiko yang mungkin akan dihadapi perusahaan, maka manajemen risiko menjadi elemen yang penting bagi seluruh perusahaan. Kemampuan dan keahlian dalam penguasaan risiko merupakan hal yang dibutuhkan bagi organisasi, sehingga sertifikasi risk management merupakan pilihan yang baik bagi mahasiswa untuk menambah value diri mereka untuk memasuki dunia kerja.