Berita  |  Diposting oleh: Admin | Jumat, 22 September 2023       |   672

Pada tanggal 22 Septemeber 2023, STIE YKPN Business School mengadakan Professional in Class (PIC) ke-23. Acara PIC ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh STIE YKPN Business School dalam rangka memperkaya ilmu mahasiswa dengan menghadirkan praktisi dari berbagai bidang, termasuk bidang penelitian. Pada PIC kali ini, STIE YKPN Business School menghadirkan Prof. Dr. Adi Masli dengan tema "Crafting a Good Research Paper: Key Thought and Best Practices". Prof. Adi merupakan dosen dari University of Kansas (Amerika Serikat)  yang aktif dalam melakukan penelitian dan publikasi pada jurnal top tier pada bidang akuntansi. Beliau juga mendapat predikat sebagai peneliti paling produktif nomor 1 di dunia (www.byuaccounting.net). 
Prof. Adi menjelaskan bahwa dibalik kesuksesannya dalam mempublikasikan artikel-artikel dalam jurnal top rank, beliau juga kerap kali menerima penolakan/rejection dari jurnal yang dituju, sehingga peneliti dapat belajar dari proses yang dialami. Beliau menganggap bahwa penolakan dari jurnal adal sebuah starting point dari penelitian yang berkualitas.
Penelitian dapat dimulai dari sesuatu topik yang ingin kita ketahui jawabannya. Beliau juga menyarankan, sebelum peneliti mempublikasikan penelitiannya pada jurnal top, sebaiknya kita mencari feedback atau masukan untuk penelitian yang dilakukan.
Peneliti dapat mencari topik dari berbagai sumber, seperti artikel penelitian terdahulu, majalah/tulisan populer, masalah praktis, dan berdiskusi dengan partner
Bagian penting dari penelitian:
1. Introduction: bagian paling penting dari paper, banyak reviewer hanya membaca pendahuluan. Idealnya 5 hingga 7 halaman. Paragraf 1 dan 2 biasanya motivasi penelitian, apa pentingnya penelitian ini. Paragraf 3 biasanya berisi tujuan penelitian. Paragraf 4 dan 5 biasanya berisi mekanisme teoritis, bagaiamana teori menjelaskan masalah yang ingin diteliti. Paragraf 6 dan 7 menjelaskan bagaimana penelitian tersebut akan dilakukan serta menambahkan summary penelitian, dan diskusi hasil penelitian. Paragraf 8 dan 9 biasanya menjelaskan kontribusi penelitian (teoritis dan praktis).
2. Theory and hypothese development: saat melakukan penelitian sebaiknya menggunakan teori yang solid. Hal yang penting adalah bukan teori itu menjelaskan apa tapi bagaimana teori itu bisa menjelaskan hubungan antar konsep atau variabel yang kita teliti.

Hal penting lainnya adalah pertimbangkan dengan baik sumber yang akan kita kutip.
1. Sebaiknya hanya yang relevan 
2. Sebaiknya dari yang top tier jurnal
3. Jika ingin dari selain top tier jurnal, sebaiknya dibatasi
4. Kutiplah dari jurnal yang ingin kita tuju
5. Kutiplah artikel-artikel terbaru kecuali paper seminar, misalnya Jensen Mackling 1976, dll
6. Big 4 firms, organisasi profesional, media cetak bereputasi, statements dari regulator