Berita  |  Diposting oleh: Corsec STIE YKPN | Sabtu, 23 Juli 2022       |   988

Sinergi Tax Center STIE YKPN dan Kanwil DJP DIY:
Tingkatkan Kemampuan Pajak Pelaku UMKM di DIY


Tax center STIE YKPN Yogyakarta berkolaborasi dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan perpajakan bagi UMKM DIY pada Jumat (22/07), mengusung tema “Pajak itu Mudah (?) dan Tidak Menakutkan”. Tax center STIE YKPN yang berdiri sejak 2019, melihat perlunya peningkatan edukasi serta kemampuan teknis terkait pajak di kalangan masyarakat khususnya para pelaku UMKM yang masih sering mengalami kebingungan saat hendak memenuhi kewajiban pajak yang timbul dari kegiatan usaha yang dijalankan.

Kegiatan yang juga didukung penuh oleh mahasiswa STIE YKPN tergabung dalam Tim Relawan Pajak ini berlangsung dalam dua sesi. Pada sesi pertama yang berlangsung di Ruang Seminar STIE YKPN, peserta diberikan edukasi mengenai peraturan perpajakan. Pada sesi kedua yang berlangsung di Laboratorium Pajak STIE YKPN, peserta dibekali kemampuan teknis dalam mengisi laporan perpajakan. “Tujuan dari kegiatan ini adalah mengedukasi wajib pajak akan arti pentingnya daftar NPWP melalui e-reg, hitung pajak, bayar pajak melalui e-billing, dan lapor pajak melalui e-filing ataupun e-form. Sistem pemenuhan kewajiban perpajakan yang semua serba digitalisasi membuat wajib pajak terutama UMKM sulit untuk menerapkan sistem tersebut. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pelaku usaha dapat edukasi melalui sosialisasi dari Kanwil DJP dan memahami penerapan sistem digitalisasi melalui pelatihan yang dipandu oleh Dosen Tax Center STIE YKPN”, papar Deranika Ratna Kristiana. SE, M.Si, Ak, CA., Ketua Tax Center STIE YKPN.

Sebanyak 120 orang peserta yang langsung memenuhi kuota pendaftar dalam 7 hari menunjukkan tingginya animo masyarakat. Peserta yang didominasi pelaku UMKM, beberapa profesi serta tenaga ahli antusias mengikuti acara ini hingga selesai. Dalam waktu dekat, Tax Center STIE YKPN akan menjalin kerjasama dengan berbagai dinas dan instansi di DIY untuk membantu pelaku usaha meningkatkan kesadaran pajak dan memberi edukasi tentang kewajiban perpajakan yang tepat sesuai peraturan perpajakan sebagaimana yang terakhir diatur dalam Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Untuk mendukung gerakan sadar pajak sejak dini, Tax Center STIE YKPN juga membuat lomba kreasi konten TikTtok dengan tema “Generasi Zilenial Sadar Pajak” yang diperuntukkan bagi SMA/SMK/MA yang berlangsung hingga akhir Juli ini. (DHK)