Berita  |  Diposting oleh: Admin | Jumat, 27 September 2019       |   402

Perkembangan dunia audit saat ini mengalami perubahan yang sangat berbeda dari beberapa tahun lalu. Proses pengauditan dilakukan banyak menggunakan analisa data oleh auditor dengan menggunakan data populasi klien. Auditor diwajibkan terampil dalam menggunakan alat analisis jika tidak ingin tertinggal dalam proses audit.

Dalam rangka mencapai kualitas optimal bagi mahasiswa lulusan STIE YKPN, beberapa dosen pengauditan berbantuan komputer STIE YKPN mengikuti pelatihan program audit IDEA (Interactive Data Extraction Analysis). Pelatihan ini dilaksanakan 23-25 September 2019 bagi dosen bertempat di Hotel ORIA Jakarta bekerja sama dengan lembaga Insight Consultant. Hasil dari pelatihan ini diharapkan Dosen memiliki kemampuan terbaru dalam dunia audit dan dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pengajaran di kelas. Selama ini mahasiswa STIE YKPN mempelajari program ACL (Audit Command Language) dalam mata kuliah pengauditan berbantuan komputer, dengan adanya kerjasama ini kedepan mahasiswa juga akan dilengkapi dengan kemampuan software IDEA.

IDEA adalah aplikasi desktop yang mudah digunakan untuk melakukan analisa audit. IDEA ini memberi kekuatan bagi auditor/analis secara langsung tanpa perantara, karena hasil IDEA sangat independen dalam memberikan laporan. IDEA sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu. IDEA merupakan sebuah konsep baru karena dapat menggunakkan komputer PC, padahal biasanya untuk melakukan pengujian audit hanya bisa dilakukan oleh aplikasi yang dijalankan di komputer server mainframe. Awalnya IDEA berjalan di sistem operasi DOS, kemudian dikembangkan untuk dapat dioperasikan di Windows 16 bit, 32 bit dan saat ini 64 bit. Semula IDEA dikembangkan dan dipasarkan oleh CICA (Canadian Institute of Chartered Accountants), namun pada tahun 2000 diambil alih oleh CaseWare yang memiliki banyak resource untuk mengembangkannya.